BERKAT DONAT DARURAT, PRISKA RAIH JUARA DUA LOMBA MENULIS PENTIGRAF DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA TAHUN 2020

Meski dalam masa pandemi Covid-19, kreativitas harus tetap lestari seiring dengan gerak manusia yang tidak berhenti. Demikian kiranya menjadi tema pilihan lomba menulis puisi dan cerpen tiga paragraf (pentigraf) garapan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2020.

Lomba tersebut dilaksanakan jarak jauh yakni di rumah atau sekolah siswa masing-masing. Tak terkecuali SMP Negeri 3 PPU yang berusaha selalu mengambil andil dalam setiap kompetisi yang ada. SMP Negeri 3 PPU mengisim dua peserta yakni Dhinda Kartika Putri (IX-D) untuk kategori lomba menulis puisi, dan Priska Olga Oktavia (VII-A) untuk kategori lomba menulis pentigraf.

Tantangan dari lomba jarak jauh ini adalah tema diberikan panitia 30 menit tepat sebelum lomba dimulai. Dengan demikian, peserta dituntut untuk benar-benar mengeksplor kemampuan imaji dan merangkai kata demi kata menjadi sebuah karya yang tak hanya indah, tapi juga kaya makna. Tema kedua kategori tersebut adalah Kreativitas pada Masa Pandemi Covid-19. Semua kategori lomba berlangsung selama 120 menit dan langsung dikirim kepada panitia.

Pentigraf Berkat Donat Darurat karya Priska Olga Oktavia berhasil menarik perhatian dewan juri dan mengantarkannya meraih juara 2. Alur ceritanya ternyata berhubungan dengan usaha rumahan ibunya sebagai penjual donat. Sementara puisi karya Dhinda Kartika Putri berjudul Bait untuk Negeri belum menjadi pilihan juri. Namun, puisi tersebut tentu sangat layak diapresiasi sebagai karya sastra. Terlebih karena di dalamnya tak hanya berisi curahan ide berupa larik dan bait yang terinspirasi dari masa pandemi Covid-19 ini, tetapi juga doa-doa baik untuk Indonesia dan dunia.

Serah terima hadiah lomba dilaksanakan hari ini, Senin, 2 November 2020 di Aula Islamic Center Penajam Paser Utara bersamaan dengan kegiatan sosialisasi Standar Nasional Perpustakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *