Upaya Trigatra Bangun Bahasa di SMP Negeri 3 Penajam Paser Utara

Penyampaian pidato berbahasa Paser oleh Jahira Jalna

Kegiatan Jumat Bersih di SMP Negeri 3 Penajam Paser Utara diwarnai kegiatan baru, yakni penampilan siswa dan siswi untuk menyampaikan pidato di hadapan kepala sekolah, para guru, dan para siswa.

Trigatra Bangun Bahasa merupakan sebuah pernyataan yang menunjukkan kesetiaan pemakai bahasa, khususnya bahasa Indonesia. Trigatra Bangun Bahasa (utamakan bahasa Indonesa, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing) merupakan slogan yang sering digaungkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang bertujuan untuk mengingatkan masyarakat Indonesia terhadap keutamaan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, tetap melestarikan bahasa daerah agar senantiasa terjaga, dan menguasai bahasa asing sebagai salah satu bekal hidup di era global.

Kali ini, Jahira Jalna, siswi kelas VIII menyampaikan pidato berbahasa Paser berjudul Sempolo yang berarti gotong royong. Melalui pidatonya, ia mengingatkan kembali pentingnya bergotong royong dalam kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan ini disambut baik oleh seluruh warga sekolah yang menyaksikan. Teti Sumarni, S.S. selaku guru pembimbing yang menginisiasi kegiatan ini berharap, di kemudian hari siswa bisa tampil bergantian menyampaikan pidato berbahasa Indonesia dan Inggris sehingga Trigatra Bangun Bahasa sempurna terselenggara di SMP Negeri 3 Penajam Paser Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.