Mengenal Budayaku ke Kediaman Sultan Paser dan Museum Sadurengas

PYM Sultan Muhammad Alamsyah III saat memaparkan kearifan lokal Paser

Sabtu, 08 Oktober 2022 menjadi hari istimewa bagi 150 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Penajam Paser Utara. Pasalnya, pada hari tersebut, kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan mengusung tema Mengenal Budayaku. Di antara kegiatan teesebut, mereka berkunjung ke kediaman Sultan Paser dan Museum Sadurengas di Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur.

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan perdana dalam kegiatan Sekolah Penggerak yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Di kediaman Sultan Paser Yang Mulia Aji Muhammad Jarnawi, S.H., kegiatan yang dilaksanakan yakni dialog budaya. Pada kesempatan tersebut, Kepala SMP Negeri 3 Penajam Paser Utara, Abdullah, S.Pd. menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan rombongan SMP Negeri 3 Penajam Paser Utara. “Salah satu kegiatan di Sekolah Penggerak adalah melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kebetulan untuk kelas VIII ini, projek yang dipilih adalah kearifan lokal. Menurut kami, dialog budaya ini merupakan kegiatan bersifat kearifan lokal yang tepat agar kita lebih mengenal budaya daerah sendiri,” ujarnya.

Sultan Paser Yang Mulia Aji Muhammad Jarnawi, S.H. bergelar SPYM Sultan Muhammad Alamsyah III sangat interaktif dan lugas menanggapi pertanyaan-pertanyaan berbahasa Paser yang disampaikan para siswa. Dalam dialog tersebut, beliau juga sepakat bahwa budaya lokal tetap harus terus dilestarikan. Selain mengenalkan tentang budaya kedaerahan, beliau juga menjelaskan beberapa perkakas koleksi pribadi yang terpajang seperti alat berburu ikan, alat dayung, alat berkebun, dan sebagainya yang dipergunakan oleh orang-orang Paser bahari.

Usai kegiatan, rombongan beranjak menuju Museum Sadurangas yang terletak di Kecamatan Paser Belengkong, Kabupaten Paser. Di sana, para siswa tak hanya melihat-lihat koleksi museum berupa lukisan, aneka guci, pakaian adat, dan lainnya yang menyimpan sejarah daerah Paser, mereka juga mendapat penjelasan dari pengelola museum. Kegiatan diwarnai dengan tanya jawab berhadiah bingkisan menarik dan diikuti para siswa dengan antusias. (H)

One Reply to “Mengenal Budayaku ke Kediaman Sultan Paser dan Museum Sadurengas”

Leave a Reply

Your email address will not be published.